Berita  

BP4D Kabupaten Kupang Gelar Musrenbang RPJMD 2025 – 2045

Kupang, MN – Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan Daerah Kabupaten Kupang gelar kegiatan Musrenbang Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) Kabupaten Kupang Tahun 2025-2045, yang berlangsung di Aula St.Hendrikus UNWIRA Kupang, Senin (1/7/2024) Siang.

Kegiatan Musrenbang ini secara resmi dibuka oleh Penjabat Bupati Alexon Lumba. Dan turut dihadiri oleh Kepala Kejaksaan Negeri Kabupaten Kupang, Muhammad Ilham, Plt.Sekda Novita Foenay, Pimpinan Instansi Vertikal dan Pimpinan OPD Lingkup Pemkab Kupang, Camat se-Kabupaten Kupang, Akademisi, NGO/LSM, dan undangan lainnya.

Dalam sambutan Pj.Bupati, ia menerangkan RPJPD merupakan penjabaran dari visi dan misi, arah kebijakan dan sasaran pokok pembangunan daerah jangka panjang untuk 20 (Dua Puluh) tahun, yang disusun berpedoman pada Rencana Pembangunan Jangka Panjang Nasional (RPJPN) dan Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW).

Pj.Bupati Lanjut menerangkan, RPJPD menjadi dasar bagi siapapun termasuk para calon Bupati dan Wakil Bupati dalam menyusun visi, misi dan program prioritas yang akan menjadi dasar dalam penyusunan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) setiap lima tahun dan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) setiap tahun, untuk menjaga kesinambungan pembangunan di Kabupaten Kupang kedepan.

Baca Juga   Koepan Fasion Week dan Tarian Reog Ponorogo Ramaikan Malam Minggu Asyik ala Pemkot Kupang

Dilanjutkan Alexon Lumba, bahwa adapun rancangan visi 2025-2045 yang ditawarkan kepada peserta forum ini adalah “Mewujudkan Oelamasi yang maju, mandiri dan berkelanjutan se-daratan Timor menuju Indonesia Emas Tahun 2045 dengan misi mewujudkan transformasi sosial, ekonomi, tata kelola, stabilitas keamanan daerah dan demokrasi, ketahanan sosial budaya dan ekologi, pembangunan kewilayahan yang merata dan berkeadilan, sarana prasarana yang berkualitas dan ramah lingkungan, serta mewujudkan kesinambungan pembangunan.

“Perumusan visi dan misi tersebut, tentunya sudah melalui proses penelahaan terhadap rancangan awal RPJPN Tahun 2025-2045 dan rancangan awal RPJPD Provinsi NTT Tahun 2025-2045 serta diskusi dengan beberapa pihak yang memiliki kepedulian dan komitmen yang tinggi untuk kemajuan Kabupaten Kupang tercinta ini di masa mendatang,”terang Alexon Lumba.

Baca Juga   Waspada, Ketergantungan Menggunakan HP Anak Jadi Kehilangan Fokus Belajar

Namun demikian, Alexon menyampaikan rumusan visi dan misi dalam wujud upaya super prioritas masih membutuhkan masukan-masukan dari pemangku kepentingan yang hadir saat ini, dengan kata lain bukan tidak dapat di rubah, karena proses penyusunan RPJPD akan terus mengalami penyempurnaan baik dari sisi teknokratik, partisipatif maupun politis hingga ditetapkannya dengan Peraturan Daerah bersama DPRD Kabupaten Kupang.

“Mari kita satu hati, satu pikiran membangun daerah Kabupaten Kupang tercinta yang maju dan sejahtera,”ajak Alexon Lumba.

Sementara Kepala BP4D Kabupaten Kupang, Juhardi Selan dalam laporannya menyebut output/keluaran yang dihasilkan dan diharapkan dari kegiatan Musrenbang RPJPD Kabupaten Kupang yaitu Rancangan visi dan misi RPJPD Kabupaten Kupang Tahun 2025-2045; Rancangan Arah Kebijakan dan Sasaran Pokok RPJPD Kabupaten Kupang Tahun 2025-2045; dan Dokumen Rancangan RPJPD Kabupaten Kupang Tahun 2025-2045.

Baca Juga   Gubernur NTT Lantik George Hadjoh Jadi Penjabat Wali Kota Kupang

Kegiatan ini ditandai dengan penandatangan Berita Acara Kesepakatan Musrenbang RPJPD Kabupaten Kupang Tahun 2025-2045. Dan dilanjutkan dengan pemaparan materi oleh Tim Ahli Akademisi yaitu Prof.Ir.Fredrik Benu, M.Si, Ph.D,  Dr.Drs.Frits Fanggidae, dan Kepala Bidang Perencanaan, Pengendalian dan Evaluasi Pembangunan Daerah, Nyoman Saniambara,S.KM.,M.Kes. (pkp/MN)

error: PT. Sosoralo Mikan Media